BThemes

31 Januari 2014

TRAVELING : Purwakarta dengan Potensi Wisatanya


Menikmati  suasana liburan adalah dengan mengunjungi sebuah destinasi berbeda, itu yang Saya lakukan. Tidak dengan bersantai-santai dikamar.hehe. Potensi wisata Indonesia yang menjadi destinasi pilihan liburan Imlek kali ini adalah Purwakarta, Jawa Barat. Destinasi utama dari tempat wisata ini adalah Wisata Alam dan Wisata Kuliner. Untuk wisata alam, Kabupaten Purwakarta memang tidak memiliki destinasi sebanyak daerah lain di Jawa Barat, wisata Waduk yang saya kunjungi pun merupakan buatan dari manusia.
Bendungan ini diberi nama oleh pemerintah Waduk Ir. H Juanda (Wikipedia). Waduk Jatiluhur berada di Kecamatan Jatiluhur dengan luas sekitar 8.300 ha. Tahukah Anda? Bahwa Waduk Jatiluhur Purwakarta merupakan bendungan terbesar di Indonesia. Selain itubendungan ini memiliki 7 bendungan, dan sumber waduk ini adalah satu aliran sungai dengan waduk Saguling Bandung dan Cirata.  Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal kota Perancis, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk  serbaguna pertama di Indonesia.
Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya. Tempat yang tak kalah menariknya di kawasan Jatiluhur ini adalah tempat rekreasi air, yang diberi nama Water World.

How To Get There?
Bagi Anda yang menggunakan transportasi umum dari Ibu kota Jakarta, anda bisa menggunakan jalur:
·        Naik Busway atau Angkot menuju Terminal Kampung Rambutan.  Rp. 3.000 – 3.5000,-
·        Naik Bus Wargabaru / Kramatjati menuju Terminal Ciganea, Purwakarta. Rp: 17.000,-
·        Naik Angkot no 10 (jurusan  Waduk Jatiluhur) / no 11 (Waduk Jatiluhur Servis). Rp. 5.000,-

Biaya Masuk Waduk:
·     Waduk Jatiluhur 1: Gratis
·     Waduk Jatiluhur Servis
·     Naik Angkot : GRATIS!  (jadi Anda cukup mebayar angkot dan tanpa biaya masuk). Ini Unik!
·     Orang : 5.000 (Week Day, Hari besar), 7.500 (Sabtu, Minggu, Libur)
·     Kendaraan : Rp. 10.000 – 20.000 (tergantung jenis transportasi)
·     Motor : Rp. 5.000,-
·     Jatiluhur Water World : Rp. 27.500 – 32.500,-

WISATA KULINER PURWAKARTA
Kabupaten Purwakarta sangat terkenal dengan kulinernya yang lezat, beberapa kuliner yang khas dari Kabupaten Purwakarta adalah Tape / Colenak, Soto Sadang, dan yang paling terkenal adalah Sate Maranggi.
Menu kuliner Purwakarta ini dapat anda nikmati di sekitaran jalur menuju Bandung atau arah Jakarta. Rasa khas dari kuliner dan jajanan khas ini membuat banyak masyarakat mejadikannya sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Purwakarta atau yang melalui daerah ini.

TAHUKAH ANDA?
·        Waduk Jatiluhur memiliki 7 Bendungan. Selain memiliki potensi wisata alam waduk 7 bendungan, Purwakarta juga memiliki  wisata alam lain dengan keindahan yang tidak kalah menarik, yakni Danau Citara, Situ Wanayasa, Buleud. Purwakarta juga memiliki potensi wisata Budaya, sentra Industri keramik di daerah plered yang sudah merambah Singapura dan  yang tidak kalah menarik adalah industry kain songket khas Purwakarta didalam kota.
·        Salah satu waduk di Purwakarta diberi nama Servis karena pada saat pemekaran Kabupaten Purwakarta, banyak tempat servis mobil disekitaran waduk, bahkan sampai saat ini.
·        Banyak hotel dan losmen di wisata waduk Servis.
·        Beberapa atlit dayung Nasional yang berasal dari Jatiluhur, selalu berlatih di daerah Waduk Servis.
·        Di tengah waduk servis, terdapat pulau kecil yang diberi nama “Pulau Jodoh”, dimana jika sepasang kekasih berkunjung ke pulau tersebut maka cintanya akan abadi.
·        Masyarakat lokal maupun luar daerah Jatiluhur biasa memancing diseputaran waduk, dan beberapa masyarakat juga menjadi nelayan dan menyewakan perahu mereka untuk wisatawan yang ingin mengelilingi waduk.
·        Kuliner Sate Maranggi mampu menghasilkan omzet jutaan rupiah perhari dan memiliki ciri khas. Sate ini dikemas dengan irisan Tomat dan cabe, dengan rasa Sate yang manis. Rekomendasi terbaik dari Sate Maranggi adalah Sate Kambing dan Sapi. I tried! it’s SPICY and Addicted!

INGAT!
Waduk Jatiluhur merupakan objek wisata menarik, selain itu juga sebagai PLTA yang digunakan masyarakat sekitar bahkan Jawa Barat. Jadi sebagai wisatawan yang baik, tidak selayaknya Anda membuang sampah disembarang tempat, apalagi di dalam aliran waduk! Keep Respect with your lovely attitude.

LET ME SHOW YOU THE PICs
Tumpukan sampah, ulah siapa?

Pintu masuk Jatiluhur, Anda akan disuguhkan dengan harga yang "unik"
Sejuk dan Indahnya Waduk Jatiluhur utama ini, Mari kita jaga!

Masyarakat biasa menghabiskan waktu dengan memancing, They Are Mancing MANIA!

Cuaca yang mendung menghalangi pandangan saya untuk melihat Pulau Jodoh, So Sad!

0 Comments:

Posting Komentar