BThemes

22 Oktober 2010

Tips dalam Mengikuti Pemilihan Duta Wisata


November 2009, Saya bukanlah orang yang begitu faham betul tentang dunia Pariwisata dan Kontes-kontes pemilihan duta lainya; karena saya lebih suka menjadi penikmat. Sebelum mengikuti Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Banyuwangi, saya merasa sangat minder, dengan modal pas-pasan, wajah tak keren, badan juga tidak rata bak model atau apalah kekurangan-kekurangan bak gunung yang sangat tinggi, namun, tepat pada 07 November 2009, saya mencoba bertanya dan mencari segala informasi tentang pemilihan duta wisata daerah yang sangat Populer di Jawa Timur ini, saat pendaftaran dimulai sebenarnya saya masih bimbang apa saya bisa lolos di pemilihan kali ini? apa saya bisa menjadi Finalis? atau peserta pun lah paling tidak?
Banyak sekali kebimbangan yang menyelimutiku kala itu, namun, sesaat setelah saya merenungkan dan berkonsultasi dengan mantan DUTA WISATA (ya, saya berkonsultasi dengan partner kerja saya di Radio, bernama Ahmadu Malik Dana Logistia, Wakil II KAKANG Madiun 2007, yang juga senior saya di radio kampus di Malang), saya bercerita keluhan-keluhan dan krisis kepercayaan diri yang saya Alami. Ogie, begitu dia di panggil, memberikan gambaran-gambaran yang sangat banyak tentang tips-tips yang harus dilakukan dalam pemilihan Duta Wisata (mungkin ini juga dapat digunakan dalam pemilihan duta-duta yang lain). Hal- Hal yang harus diperhatikan:

1.      Materi. seorang Calon Duta Wisata haruslah mengetahui tentang DAERAH yang Akan di ikuti. Pelajari semuanya. Mulai dari sejarahnya, kapan berdirinya, tempat-tempat bersejarah, makanan khas, tokoh-tokoh bersejarah, potensi wisata, pokoknya all about malang harus kamu hafalin. dan ini sifatnya WAJIB, karena sebagai duta wisata sudah seyogyanya kita mengetahui daerah yang kita ikuti. sungguh sangat lucu, ketika calon duta wisata tidak mengetahui Apapun tentang daerah yang akan diikuti??
2.     PD (Percaya Diri). Jangan pernah sedikitpun ada kata minder dalam hatimu saat mengikuti Audisi (bahkan dalam audisi apapun). karena itu nanti akan sangat mempengaruhi penampilan dan kualitas diri Anda.
3.     Sikap ketika audisi. Seorang peserta akan bisa diketahui layak atau tidaknya menjadi peserta ketika Audisi, bahkan Aura pemenang pun bisa terlihat dari saat Audisi pertama. Karena dari sikap itu, nanti bisa terbaca semuanya tentang diri Anda. Dari sikap juga aura Anda akan keluar saat melakukan sesi wawancara. berusahalah ketika Audisi Anda selalu ramah pada setiap orang tapi tetap berwibawa.
4.     Cara Berbicara. Berusahalah ketika Anda berbicara dan menjawab pertanyaan yang di ajukan penginterview jangan kebanyakan "emmm" atau berfikir terlalu lama, berfikirlah cepat dan jawablah pertanyaan dengan tegas dan meyakinkan. Ketika Anda merasa masih perlu berfikir panjang Anda tidak perlu terlalu cepet, tapi lancar dan mantap. Biasanya dalam kompetisi seperti ini, jawaban tidak lah harus 1 + 1 = 2, tapi bisa jadi 11 atau 0. yang dinilai tidak mutlak dari jawaban kita, tapi adalah bagaimana cara kita menjawab.
5.     Ya kaya' jalan biasa. untuk beberapa daerah, seleksi penampilan biasa nya juga di ambil nilai dari cara berjalan di atas panggung bak seorang model (catwalk), hal yang harus dilakukan untuk calon Duta Wisata ketika menjalani tes ini adalah: Badan tegap, pandangan lurus ke depan, tangan kiri lurus ke bawah (Anda boleh menggoyangkan tangan), lalu tangan kanan mengepal di depan perut, jalannya pelan-pelan saja, dan harus terlihat gagah, dan yang paling penting jangan lupa smiling.
6.    Lain-lain. jika saat catwalk Anda juga diperkenankan untuk memberikan salam dengan cara hormatnya cukup kepala ditundukkan ambil badan agak dibungkukkan ke depan sedikit (sama seperti wiraga ataupun saat Anda sedang menjadi penerima tamu). No jeans, dan gunakan aksesoris seperlunya dan berdandan (bisa menggunaan pembersih atau bedak)

1.      JHEBENG THULIK BANYUWANGI
Acara yang digelar untuk mencari duta wisata Kabupaten Banyuwangi ini, rangkaiannya dimulai pada babak Sosialisasi, Penjaringan dan pembekalan yang ditempatkan pada 3 sektor yakni : Kecamatan Genteng (sektor 1), Kec.Cluring (sektor 2), dan Pelinggihan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi (sektor 3). Dalam penjaringan peserta Calon Jebeng Thulik Banyuwangi dari ke tiga sektor tersebut diikuti oleh peserta yang terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa perguruan tinggi yang ada di Kab. Banyuwangi dan umum.
Setelah seluruh peserta yang sudah mengikuti berbagai tahap seleksi (tahap 1 dan 2) diharapkan untuk dapatnya hadir guna mengikuti tahap akhir seleksi pemilihan Jebeng Thulik tahap 3. Dan di tahap seleksi yang ke-3 masih dibuka pendaftaran untuk peserta lain yang ingin ikut dalam pemilihan Jebeng Thulik Banyuwangi 2009, dengan persyaratan di antaranya adalah :
1.      Mengisi formulir pendaftaran, FC. KTP & KK masing-masing 1 lembar.
2.     Menyerahkan pas photo (4x6) sebanyak 1 lembar, photo berwarna 4 R sebanyak 1 lembar,
3.     Mengisi Formulir yang bisa didapatkan disektor-sektor yang telah ditentukan, atau bisa mendaftar ke DKB Jl. Ahmad Yani

Selanjutnya seleksi tahap ke 3 yang meliputi :
1. Tes tulis
2. Tes lisan & Wiraga
3. Penetapan Finalis

Bagi mereka calon Jebeng & Thulik Banyuwangi yang telah mengikuti berbagai tahapan seleksi, maka panitia akan diambil 40 orang peserta, yakni 20 calon Jebeng dan 20 calon Thulik (pada tahun 2009 terpilih 50 Semifinalis). Selanjutnya, akan di selekasi kembali untuk ditetapkan 10 calon Jebeng dan 10 calon Thulik Banyuwangi, yang selanjutnya mengikuti Diklat dan Karatina yang akan dilaksanakan di dua tempat yakni Desa adat Kemiren dan Hotel. Dan pada acara puncaknya malam penobatan Jebeng Thulik Banyuwangi akan di laksanakan di Gesibu Blambangan Banyuwangi jam 19.00 - selesai. Sebanyak 10 pasang peserta (20 orang) akan diambil dan ditetapkan sebagai juara I, II, dan III serta juara harapan I dan II. Disamping itu, juga dipilih juara Favorit Jebeng & Thulik. Ayoo...ikuti pemilihan Jebeng Thulik Banyuwangi untuk tahun selanjutnya . . . . !!! Kalo seorang Tashim bisa, kenapa Anda tidak?????

2.     DUTA WISATA INDONESIA
1.      Sumatera
·         Sumatera Utara : Medan : Jaka Dara
·         Sumatera Barat: Uni dan Uda
·         Sumatera Selatan: Putra dan Putri Sriwijaya
·         Bangka Belitung : Bujang dan Dayang Belitong
·         Bengkulu : Bujang dan Gadis Bengkulu
2.     Jawa
·         Banten: Kang dan Nong
o    Kota Tangerang: Kang dan Nong
o    Kota Cilegon: Steng dan Senong
o    Kabupaten Tangerang: Kang dan Nong
o    Kabupaten Serang: Kang dan Nong
o    Kabupaten Lebak: Sajira dan Adinda
o    Kabupaten Pandeglang Kaka dan Teteh
·         DKI Jakarta: Abang dan None
·         Jawa Barat:
o    Bandung: Mojang dan Jajaka
o    Bandung: Mojang dan Jajaka
o    Kota Bekasi: Abang dan Mpok
o    Kota Depok: Abang dan Mpok
o    Kota Bogor: Mojang dan Jajaka
o    Cirebon: Jaka dan Rara
·         Jawa Tengah: Mbak dan Mas
o    Semarang: Kenang dan Denok
o    Banyumas: Kakang dan Mbekayu
o    Kabupaten Klaten: Mas Dan Mbak
·         DI Yogyakarta: Dimas dan Diajeng
·         Jawa Timur:
o    Provinsi : Raka Raki
o    Surabaya: Cak dan Ning
o    Gresik: Cak dan Yuk
o    Jombang: Guk dan Yuk
o    Mojokerto: Gus dan Yuk
o    Sidoarjo: Guk dan Yuk
o    Madura: Kacong tor Cebbing
o    Banyuwangi: Jebeng dan Thulik
o    Batu: Kangmas dan Nimas Ayu
o    Pasuruan: Cak dan Yuk
o    Kabupaten Malang: Jaka dan Rara
o    Kota Malang: Kakang dan Mbakyu
o    Kabupaten Magetan: Bagus dan Dyah
o    Lamogan : Yak Yuk
3.     Nusa Tenggara
·         Bali: Teruna Teruni Bali
·         Nusa Tenggara Barat: Putra dan Putri Wisata NTB
4.     Kalimantan
·         Kalimantan Selatan: Nanang dan Galuh
·         Kalimantan Barat: Bujang dan Dare
·         Kalimantan Timur: Putra Putri Duta Wisata Mahakam
o    Kota Balikpapan: Putra Putri Duta Wisata Balikpapan (dulu Putra Putri Manuntung Balikpapan) acara tahunan di Balikpapan di selenggarakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata yg bekerjasama dengan Agus Kencana Studio-AKS Management selaku Kordinator Umum & Show Director dan Kaltim Post selaku media partner
o    Kota Samarinda: Putra Putri Tepian dan Bujang Dara Samarinda
o    Kota Bontang: Putra Putri Duta Wisata Bontang
o    Kota Tarakan: Putra Putri Duta Wisata Tarakan
o    Kabupaten Kutai Kartanegara: Putra Putri Duta Wisata Kukar
o    Kabupaten Kutai Barat: Putra Putri Duta Wisata Kubar
o    Kabupaten Kutai Timur: Putra Putri Duta Wisata Kutim
o    Kabupaten Penajam Paser Utara: Putra Putri Duta Wisata PPU (dulu Putra Putri Daya Taka)
o    Kabupaten Bulungan: Putra Putri Duta Wisata Bulungan
o    Kabupaten Berau: Putra Putri Duta Wisata Berau(AGAI-ULAI )
o    Kabupaten Paser: Putra Putri Duta Wisata Paser
o    Kabupaten Nunukan: Putra Putri Duta Wisata Nunukan
5.     Sulawesi
o    Sulawesi Utara, Manado: Nyong dan Noni
6.    Maluku dan Papua
o    Maluku - Ambon: Nyong-Non

28 komentar:

  1. makasih tips nya, saya akan mengikuti pemlihian kaka teteh pandeglang. minder banget, secara tinggi badan ga kaya model2.... hiks hiks.... doakan saya kawan

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya..
    thn 2012 aq ikut kakang mbakyu Malang&gagal lolos dlm babak pniyishan..
    mnyedihkan tp tu emang salahku soalny aq blm bsa profesional saat audisi>>aq ktduran gra2 sakit&mnum obat,eh gtwnya obatnya bkin kantuk..

    TAHUN DEPAN (2013) HARUS LOLOS SETIDAKNYA SAMPAI FINALIS,itu uda lebih dari cukup..Amin.. ^-^

    BalasHapus
  3. apakah sertifikat penghargaan prestasi harus kita sertakan? Bagaimana jika kita tidak punya prestasi? Dan apakah kita masih memiliki peluang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika memiliki sertifikat, bisa di cantumkan, tapi jika tidak ada, juga tdak maslaah fren.... :) dalam seleksi semua memiliki peluang yang sama untuk lolos dan tidk lolos. tergantung bagaimana kita mampu memkat juri dg baik :). slamat mencoba

      Hapus
  4. Bagaimana dengan kemampuan kita berbahasa asing. Katakanlah Bahasa Inggris. Apakah hal tersebut diharuskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemampuan berbahasa asing bisa menjadi nilai tambah. baik itu bahasa inggris atau bahasa lainya. patokan penilaian (biasanya) tidak hanya dari 1 sisi saja (tidak sebatas physical appearance), tapi dari berbagai aspek. jadi show your best broda :)

      Hapus
  5. akita fabiola meirani11 Mei 2013 pukul 05.36

    mas nya juga duta wisata ? makasih ya tipsnya :) saya mau ikut guk dan yuk sidoarjo, sudah siapin buat interview dan uji bakat mau nari tradisional jawa timur hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mengunjugi Blog saya, sukses untuk Akita, smoga Sukses untuk Pemilihan Guk Yuk Sidoarjo-nya. Smga bisa memberikan dan menampilkan yang terbaik 

      Hapus
  6. Mas..mau tanya.. Saya masih bingung tentang tes wawancara.
    Ketika kita wawancara bagaimana trik dan tips agar performa kita maksimal di depan dewan juri?
    nada suara kita biasa aja atau formal kayak orang mau pidato gitu?? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sarankan untuk tidak seperti pidato, karna terkesan kaku. tips dari saya sih:
      1. PD / Yakinlah sama jawaban kamu, janga nampak ragu2, tapi jangan asal2an
      2. Tatap mata juri (jika itu face to face), tapi jika FGD bisa tatap smua audiense / peserta tes
      3. Jangan asal menjawab, pikirkan dulu baru jawab.
      4. Buat juri yakin dengan jwabnmu, jangan melebar kemana2, focus on yopur answer n the judge's question :))

      dan sama seperti kayak kamu tes interview kerja sih. gudlak yah

      Hapus
  7. Makasih yah tipsnya, syukurlah ada blog seperti ini :)

    BalasHapus
  8. Di tunjuk mewakili kelas jadi putri smasa madiun -_-
    Kira-kira bisa enggak ya? Belum ada pengalaman. Tapi kakak tahun-tahun kemarin menangin duta wisata -__-

    BalasHapus
  9. Terimakasih atas infonya sebelum nya mas. begini mas saya minggu2 ini mau ikut duta wisata nah ini mau tes sementara sy tidak punya modal. modal saya cuma tekad dan niat, kira2 materi nya apa ya mas? terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketulusan hati itulah yang kadang bisa mebawa jalan untuk lolos :) Good Luck ya

      Hapus
  10. kalo asli surabaya terus ikut di daerah lain boleh ga ya?? hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebijakan masing-masing Pemilihan, biasanya ada surat Domisili :)

      Hapus
  11. kira-kira anak sma pernah ada yang menang ngga yah? aku barusan ikut TM kakang mbakyu malang 2013 tapi yah, masih merasa kurang dibanding peserta lain yang lebih WOW .__.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak anak SMA yang bisa menjadi juara di daerah, bahkan di Provinsi lo, :)

      Hapus
  12. tahun ini saya ikut sbg putra putri pariwisata tetapi melalui sekolah, doain ya min biyar menang.
    :)

    BalasHapus
  13. mas saya mau tanya.tinggi badan mempengaruhi ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA. setiap daerah berbeda untuk tinggi badan.
      Tips untuk cewek : pakai heels & jambul minimalis saat tes ;)

      Hapus
  14. mas saya mau tanya. apa tinggi badan mempengaruhi ya mas?

    BalasHapus
  15. min mau tanya apa tinggi badan juga mempengaruhi?

    BalasHapus