BThemes

29 September 2010

Wisata Minat Khusus: Kerajinan Khas Banyuwangi



Selain pertanian, industri kerajinan merupakan usaha sehari-hari penduduk hampir diseluruh daerah pedesaan di Banyuwangi. serta menjadi sumber penghidupan bagi sebagian penduduk di beberapa wilayah perkotaan.
Berbagai jenis bahan alami dari ingkungan sekitarnya diolah dengan kreatifitas masyarakat, sehingga menjadi bentuk yang layak berupa hiasan maupun perabot rumah tangga sehari-hari.
Disadari atau tidak, kreatifitas pendudk pedesaan ini menarik perhatian para pecinta seni (kerajinan) dari berbagai negara di dunia. Bahan-bahan yang dibuat dari bahan yang semula tercecer dihutan, dipegunungan dan berbagai tempat yang hampir tidak menapat perhatian, kini menempati ruang-ruangan terhormat di rumah Anda, dihotel-hotel Eropa, Jepang, Amerika, Malaysia maupun Timur Tengah.

1.      Kerajian Kayu
Industri kerajinan kayu tersebar di seluruh daerah Banyuwangi, seperti di Giri, Klatak, Penganjuran, Tukang Kayu, Banjarsari, Tampo, Kaligondo ( Pesanggaran ). Hasil kerajinan kayu berupa bubut kayu, mosaik, guci, vas, asbak, dekorasi dinding, mangkok, patung, relif, perabot rumah tangga, berbagai macam hiasan untuk cinderamata dan lain - lain.
2.     Pisau Komodo
Industri pisau komando di produksi di Kelurahan Singotrunan Jl. Kerinci No 11 Banyuwangi. Ada bermacam - macam produk pisau komando antara lain; samurai komando, pisau dapur, golok dan pisau khas tradisional; rencong, mandau, kujang, campurian, clurit, dan sebagainya.
3.     Kerajinan Perak
Industri Rumah tangga yang berupa Kerajinan Perak milik Saiful Bachri - terletak di Dusun Krajan Desa Dasri Kec. Tegalsari. Industri ini memperkerjakan karyawan sekitar 10 orang. Pemasarannya ke berbagai daerah. Sering mengikuti Pameran dan Pekan Promosi tidak hanya di Daerah Banyuwangi akan tetapi ke berbagai kota yang ada di Jawa Timur ini dan sering melayani pesanan dari Luar negeri dan luar Propinsi. Dusun Krajan Desa Dasri / Kantor Kec. Tegalsari.

4.     Industri Kompor
Industri Rumah tangga pembuatan kompor ini terletak di Dusun Blokagung Desa Karangdoro Kecamatan Tegalsari. Industri rumah tangga ini memperkerjakan karyawan sebanyak 8 orang dengan sistem borongan. Pemasarannya ke berbagai daerah di luar Kab. Banyuwangi. MUNJAR MOHTAROM adalah Pemilik Industri rumah tangga ini.
Lokasi: Dusun Blokagung Desa Karangdoro Kec. Tegalsari Kab. Banyuwangi

5.     Kerajinan Boneka Gandrung
Boneka Gandrung terbuat dari bahan fiberglass yang dapat berupa patung, gantungan kunci, hiasan dinding atau asesoris mobil dan berbagai cinderamata lainnya. Pengrajinnya dapat ditemi di Kelurahan Tukang Kayu, Kecamatan Banyuwangi.

6.    Kerajinan Daur Ulang - Akar Daun
Kerajinan daur ulang ini terdapat di Dusun Kejoyo Desa Tambong Kecamatan Kabat Banyuwangi. Barang – barang kerajinan ini berasal dari bahan bahan yang semula tercecer dihutan, gunung, sungai, kebun dan berbagai tempat yang tidak mendapat perhatian. Kayu kering, akar, daun, kulit pohon pisang dijadikan cineramata, furniture, lampu, tas, topi dan sebagainya yang sangat bagus.

7.     Kerajinan Gerabah Tanah Liat
Berada di Kelurahan Pengantigan, dalam kota Banyuwangi. Dulu namanya Gentengan karena pusat tempat orang membuah gerabah tanah liat berup guci, vas bunga, genteng dan berbagai perabot rumah tangga lainnya. Pengunjung bisa melihat proses bagaimana gerabah tanah liat itu dibuat.
Lokasi: Kelurahan Pengantigan Kecamatan Banyuwangi

8.     Kerajinan Tenun Serat Pisang Abaka
Masyarakat using dulunya terkenal dengan kerajinan tenun. Tenun serat pisang abaka yang ada dan satu-satunya di Banywangi ini berada di desa kemiren, Kecamatan Glagah. Bahannya diambil dari perkebunan Bayu Lor, dimana satu-satunya perkebunan di Banyuwangi yang menanam pisang abaka.

9.     Kerajinan Bambu – bambu
Adalah sangat mudah memperoleh bambu di Banyuwangi. Para pengrajin mengolahnya menjadi berbagai jenis cinderamata yang indah seperti tutp lamu, tempat buah, tutup piring, furniture dan dekorasi interior dan sebagainya. Pusat kerajinan bambu ini terdapat di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi.
Lokasi: Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Banyuwangi

10. Kerajinan Sapu Ijuk
Industri Rumah Tangga yang berupa Kerajinan Sapu Ijuk milik Sdr. Samsul Arifin ini terletak di Dusun Sumbergayam Desa Dasri Kec. Tegalsari. Karyawan yang dipekerjakan sekitar 12 orang. Pemasarannya ke Pulau Dewata / Bali. Dusun Sumbergayam Desa Dasri / Kantor Kec. Tegalsari

Industri Kerajinan merupakan usaha sehari - hari penduduk hampir di seluruh daerah perdesaan Banyuwangi selain pertanian, serta menjadi sumber penghidupan bagi sebagian penduduk di beberapa wilayah perkotaan.
Berbagai jenis bahan alami dari lingkungan sekitarnya diolah dengan kreatifitas sehingga menjadi bentuk yang layak berupa hiasan maupun alat kebutuhan rumah tangga sehari - hari.
Kreatifitas penduduk pedesaan ini menarik perhatian para pecinta seni (kerajinan) dari berbagai negara di dunia. Bahan - bahan yang dibuat dari bahan semula tercecer di hutan, di pegunungan dan diberbagai tempat yang hampir tidak mendapat perhatian, kini menempati ruangan - ruangan terhormat di ruang anda. Di hotel - hotel negara Eropa, Jepang, Amerika, Malaysia, maupun di Timur Tengah.

Informasi Alamat Kerajinan Banyuwangi:
Gift Shop
No.
Nama
Alamat
No. Telp
1.
Pelangi Sari 1
Jl. Letkol Ngurah Rai 16 Banyuwangi
(0333) 426704
2.
Pelangi Sari 2
Jl. Gajah Mada No 3 Banyuwangi
(0333) 418344
3.
Ardial
Jl. Basuki Rahmat 115 Banyuwangi
(0333) 421717

Painting Galery
No.
Nama
Alamat
No. Telp
1.
Galery & Museum Mozes Misdy
Jl. Gatot Subroto 119 Ketapang BWI
(0333) 423573
2.
Fine Art Galery
Painter : Tiena & Bambang Raharjo
Jl. Agus Salim 75 Banyuwangi
(0333) 422208
3.
S. Yadi. K
Jl. Widuri gang Anggrek 24 Banyuwangi
(0333) 4211844
4.
Baniamora
Jl. KH. Wahid Hasyim 49 Genteng BWI
-

Art Shop
No.
Nama
Alamat
No. Telp
1.
Larus
Jl. Jendral Sudirman 4 Banyuwangi
(0333) 421445
2.
Widuri Art
Jl. Widuri 4B Banyuwangi
(0333) 415927






0 Comments:

Posting Komentar